RSS

RAHSIA ALAM

Assalamualaikum Para Penatap BLOG RAHSIA ALAM yang dikasihi dan dirahmati Allah,

Buat pengetahuan pembaca, Barangan didalam Blog ini tidak mempunyai Unsur Berkhadam dan tidak mempunyai Pantang-Larang, ini kerana segala unsur Fadilatnya adalah bersifat Alami Khasiat Semulajadi. Mengenai Unsur Mistikal, Khadam, Penjaga, Ajaib, Ghaib dan yang tidak dapat dicapai oleh hukum akal..Segalanya adalah Ketentuan dan Keizinan dari Allah… Buatlah yang Diperintahkan dan Tinggalkan lah apa jua yang Dilarang..Saya hanya Berusaha. Maklumat tentang barangan didalam Blog ini adalah melalui pengalaman dan Petua dari orang-orang yang lebih arif serta pakar dan juga dari mereka-mereka yang AHLI dalam ilmu Allah.

Wassalamualaikum..dari pengasas Blog Rahsia Alam…

TEMPAHAN HANYA AKAN DIPROSES SETELAH PERMAHARAN/PEMBAYARAN DIBUAT OLEH PARA PENEBUSNYA.

SEBARANG PERTANYAAN, TEMPAHAN ATAU INGIN MENGETAHUI CARA PENGGUNAAN SERTA FADILATNYA, SILA GUNAKAN EMAIL DAN NO. TALIAN YANG TERTERA UNTUK URUSAN SELANJUTNYA.

waliqudus@yahoo.com
waliqudus@gmail.com
-019-256-3074 Talian SMS

– 019-338-7074 Talian Hubungan Terus

 
 
 
 
 

Tuesday, April 3, 2012


Akar Tengkuk Biawak, Sekunyit dan Larak Pisang..Untuk Perhatian Sahabat

 
Ini adalah Akar Tengkuk Biawak, Akar Sekunyit dan Akar Larak Pisang. Ketiga-tiga bahan ini adalah rumusan Herba bagi kesihatan tubuh badan. Rasa dari Air rebusannya pula tidaklah pahit seperti Akar Pasak Bumi atau Hempedu Bumi. Akar Tengkuk Biawak digunakan sebagai ubatan bagi urat dan otot badan, Sekunyit pula adalah untuk Melawaskan manakala Larak Pisang untuk Selera dan peredaran darah…Akar Herba ini adalah Permintaan dari Beberapa sahabat yang telah biasa menggunakan jenis akar yang dipaparkan…cumanya, pada kala kini, ianya agak payah diperolehi….sebabnya, hutan kita dah banyak kena jarah dek pembalakkan serta kemasukkan pendatang luar yang mengambil khazanah hutan kita secara berleluasa dan tidak diiktiraf keizinannya. Yang paling sedihnya, Kaum Peribumi Kita sendiri pun nak cari makan dengan mencari akar-akar perubatan menjadi Perit dan perih akibat hakisan tanah hutan yang tiada bentengnya. Benteng Tanah Hutan kita pula terdiri daripada Pokok-Pokok Kayu Balak..bila dah takde balaknya akibat dijarah..maka hakisan terjadi, pokok-pokok renek yang menjadi herba pula tumbang secara tidak semulajadi..maka dengan itu, Hanya Teras Kayu yang menjadi Medium Perubatan kini..cumanya, Teras Kayu tidak dijadikan Perhatian kerana Pendekatan Kajian melalui Sains tidak dilakukan dan, ianya menjadi Sia-sia Belaka sedangkan, Teras dan Akarlah yang menjadi Pertaruhan Perubatan dizaman dahulu Kala…time tu mana ada Penat-Dol dan bebagai lagi…akar kayu la yang jadi ubat bro.
Posted by waliqudus at 4/03/2012 04:07:00 AM

Teras Terbaru Blog Rahsia Alam..

 
ini adalah teras-teras yang baru diperolehi oleh pengasas..ada berbagai jenis dan masih belum dapat diolahkan kerana, berbagai urusan dunia yang masih belum diselesaikan. InsyaAllah, dah diolahkan nanti, akan saya paparkan…
Posted by waliqudus at 4/03/2012 04:05:00 AM

Akar Lipan Bara…

 

Asal sebut ajer lipan bara..orang akan ingatkan tentang Geliga Lipan..nak pulak tu jenis yang telus pandang ajer..bila kita sebut Akar Lipan Bara…langsung orang tak tahu apa kegunaannya…Akar Lipan Bara ni adalah sebahagian dari Jenis Akar Herba, ianya digunakan sebagai Medium Pencernaan Peredaran Darah didalam Badan..tetapi, perlulah ianya dijadikan amalan..jangan ingat sekali makan dah boleh jadi Ultraman….
Posted by waliqudus at 4/03/2012 04:01:00 AM

Akar Teras Kemuning Hitam

 
Nak mendapatkan Teras yang sebegini…bukan sesenang nak membeli rokok seludup…bagi mendapatkannya..dikira tuah…Bayangkanlah, Hang Tuah sendiri pun tak berapa nak bertuah..walaupun ada tuah dinamanya…Hang Tuah sendiri pun belum tentu dapat kalau mengorek tanah didalam hutan bagi mendapatkan teras akar yang sebegini…kalau dia dapat pun dah tentu dia buat rebus minum macam teh…baru la bertuah badan…sehat la namakan. Kalau la hang tuah terbaca komen aku ni..gerenti dia ajak separing tebang pokok kemuning..dan kalau si Jebat yang membacanya pula..gerenti dia tergelak sambil berbaring….hehehe…Gurau ajer..

Apa yang dimaksudkan pengasas adalah, kepayahan bagi mendapatkan teras Kemuning Hitam yang begitu solid-molid sebegini, Pokok kemuning yang mengandungi teras bukannya calang-calang pokok. Pokok Kemuning yang hidup pun tidak akan dipotong sewenangnya bagi mendapatkan terasnya..Hanya pokok yang telah tumbang dimana hidupnya dikawasan lereng bukit yang memungkinkan ada terasnya..Hidupnya pula, ada jenis pokok kemuning yang hidup tumbuh diatas batu dimana Akarnya menembusi batu tersebut bagi kesinambungan hidupnya. Kebiasaan bagi pokok kemuning yang hidup diatas batu, Akarnya akan membina Teras yang solid dan utuh bagi menampung keseluruhan struktur pokok…tetapi, teras Kemuning Hitam, ramai yang tidak mengkaji “apakah yang terkandung didalam teras tersebut sehinggakan Orang-orang dulu menggunakannya sebagai Ubat yang begitu Ampuh…salah satu darinya adalah Awet Muda.

Olahan bagi teras kemuning adalah dengan Merebuskannya didalam Air…dididihkan secara perlahan. Airnya diminum dikala waktu Pagi dan Petang. Teras Kemuning Juga boleh dibuat sebagai Minuman Harian dimana olahan Serbuknya boleh dijadikan seperti Serbuk Teh dan direndam didalam Air Panas Mendidih serta dicampurkan dengan Madu Lebah..Air Teras Kemuning Hitam juga elok diminum dalam keadaan panas-panas Suam…kalau dah sejuk…tak sedap bro. Fadilatnya adalah untuk Melawaskan air kecil dan besar, Peredaran darah, Menyah Toksik dari dalam badan, Kekuatan Batin, Strok, Lesu-lesu badan dan berbagai lagi…tak caya kalu..buat lah research dan serapkan penggunaannya dalam kehidupan seharian….Rasakan Keputusannya…
Posted by waliqudus at 4/03/2012 03:37:00 AM

Sediaan 50 jenis Teras dan Kayu…Tasbih

 

Pembuatan sebutir-demi sebutir….

Didalam bekas penyediaan beberapa jenis Teras…

Bekas yang mengandungi 50 tempat simpanan sedia guna jenis-jenis kayu dan teras yang terpilih..senang nak buat…siap potong dan simpan…bila nak pakai, ambil ajer. Kekadang tu, bila stok dalam bekas ni dah habis…jawab la, kena la potong bahagian Log yang besar….
Posted by waliqudus at 4/03/2012 03:22:00 AM

Gelang Gabungan Teras..Tempahan Sahabat

 

Pilihan dari Teras jenis Kelor, Setanah dan Sedarah…dah siap larik..nak buat proses finising ajer lagi…dah siap, kawan hantar bro..
Posted by waliqudus at 4/03/2012 03:20:00 AM

Tasbih 33 jenis teras dan Kayu dan 45 Jenis..Tempahan

 
33 Jenis Kayu dan Teras untuk Tasbih 33 Butir Tempahan Sahabat yang baru siap…

Pembuatan Tasbih dari Blog Rahsia Alam adalah unik dari sudut pembuatan dan ianya tidak sama. Ini kerana Pembuatan adalah mengikut gerak rasa dan bukan mengikut nilai isi poket.

Ini pula adalah biji tasbih yang digabungkan dengan 45 jenis teras dan kayu bagi pembuatan jenis 99 biji tasbih…diharap sahabat yang menempahnya bersabar sedikit…tempahan kena ikut que la bro..

Alhamdulillah, Terima Kasih buat para sahabat yang menempah Tasbih dari Blog Rahsia Alam dengan Pilihan jenis-jenis teras yang menjadi lurutan Zikr….walaupun Pengasas memiliki beberapa Mesin Pelarik, tetapi, mesin tersebut hanyalah untuk memutarkan kayu sahaja dimana pembentukkan biji tasbih adalah dengan 100% menggunakan tangan….payah tu bro…tapi kan Allah tu ada …Yang Maha Best la seperti yang selalu saya kalamkan…lalu, dipermudahkannya…..
Posted by waliqudus at 4/03/2012 03:01:00 AM

Teras Kemuning…Proses Pembuatan Cokmar Masjid

 
Setelah dilarik dengan menggunakan Mesin Pelarik Besi…Teras Kemuning Emas ini adalah untuk pembuatan Cokmar Masjid atas permintaan seorang Sahabat yang hatinya dah semacam Emas yang menggunung dan sentiasa bercambah…Melihat pada orangnya punyalah garang pada mula sangkaan…tetapi, alahai..jiwa yang cair apabila bermuzakarah mengenai “Bagaimanakah untuk membawa Ummat kembali kepada Jalan yang sebenar-benarnya”…dan bukan itu sahaja, Malah beliau memiliki pemikiran yang Global untuk kebaikan bagi Umat yang bergelar Manusia…Allahu…Garang yang amat..tetapi berhati Mulia dan tidak pula lokek…nak mencari Cicak Tokek pun lagi senang dari mendapat talian silaturahim sebagaimana seperti beliau dan rakan-rakannya…Alhamdulillah.

Posted by waliqudus at 4/03/2012 02:50:00 AM

Tuesday, March 27, 2012


Kayu Pasak Tambat…

 
Nak kata tali gantung awang kenit..bukan ni…Ini adalah sejenis Medium sebagai…..macam-macam..Pelurut, Penurut, Penunduk, Penambat dan berbagai lagi jika nak diikutkan mengikut Petua.

Ini adalah Tali dan Teras bagi Menarik dan Menambat Haiwan..seperti Lembu, Kambing, Kerbau dan King-Kong… Ada juga yang mempercayainya sebagai Medium Nikah Kawin Banyak..tetapi paling banyak pun 4 sahaja…kalau yang kawin banyak-banyak tu…itu Berzina namanya…Xena The Princess Warrior…hehehehe…
Posted by waliqudus at 3/27/2012 01:34:00 AM

Teras Sepang Hitam dan Teras Sepang Merah

 
Teras Sepang Merah…sebagai Penawar….

Teras Sepang Hitam sebagai Pembisanya..ini adalah sebahagian dari jenis-jenis teras yang diproses untuk dijadikan Tasbih Teras Campur.
Posted by waliqudus at 3/27/2012 01:32:00 AM

Jenis Teras untuk Pembuatan Biji Tasbih..

 
Sedarah

Cendana

Mengkudu…
Teras-teras yang dipotong sedemikian adalah sebahagian dari Proses awal bagi pembuatan Biji Tasbih yang telah ditempah oleh para sahabat.
Posted by waliqudus at 3/27/2012 01:29:00 AM

Teras Kemuning Kuning

 
Teras Kemuning Kuning…Fadilatnya sebagai Penawar…salah satu dari fadilatnya adalah untuk penyakit Buasir.
Posted by waliqudus at 3/27/2012 01:27:00 AM

Ibor Tunggal

 
Potongan dari jenis Nibung Ibor Tunggal…Pembisa yang ampuh…ianya juga boleh dijadikan sebagai Penawar Bisa.
Posted by waliqudus at 3/27/2012 01:26:00 AM

Sejenis Teras….

 
Teras yang tak jumpa nama…Masih didalam Kajian.
Posted by waliqudus at 3/27/2012 01:25:00 AM

Teras Laka dan Teras Panca Delima

 
Hampir sama…tetapi yang membezakannya adalah warna serta kekerasan…Teras Panca Delima lebih Keras jika nak dibandingkan dengan teras laka…potongan ini adalah untuk proses pembuatan Biji Tasbih.
Posted by waliqudus at 3/27/2012 01:23:00 AM

Teras Akar Kemuning Emas..Muraya Paniculata… Heartwood of The King

 
Teras Akar Kemuning Emas….bagi memperolehi sedemikian yang dipaparkan, silap hari bulan, urat kentut pun boleh putus.

Bahagian Teras Akarnya yang sedemikian, anggaran umurnya melebihi dari 300 tahun. Ini kerana, Pokok Kemuning yang tumbuh diatas Batu atau dikawasan yang berbukit bukau membesar dengan kadar perlahan jika di perbandingkan dengan proses tumbesaran pokok kemuning jenis Kampung. Jika perbandingan dibuat melalui Terasnya pula, bukan kesemua jenis kemuning memiliki Teras…Perumpamaan adalah sebagaimana dengan jenis pokok Gemunggal yang memiliki Teras…Jika satu-satu jenis pohon dimana daun dan buahnya dijadikan sebagai makanan ataupun perubatan…Bagaimana pula bahagian Terasnya..bukankah daun dan buahnya memerlukan bahagian akar, batang dan ranting bagi menyalurkan khasiat kepada bahagian yang dikatakan daun serta buahnya…Kenapa tiada kajian yang dibuat mengenainya.
Posted by waliqudus at 3/27/2012 12:46:00 AM

Saturday, March 24, 2012


9″ Standard Modern Metal Lathe…Canadian Made..

 
Utilathe 9″ Standard Modern Metal Lathe, Series 1000. Ini adalah Mesin Pelarik yang baru dibeli oleh Pengasas Blog Rahsia Alam. Mesin ini dibeli dari sebuah Pusat Institusi Pengajian Teknik Kemahiran.

Pengasas agak sibuk sejak kebelakangan ini disebabkan tempahan yang melambak serta urusan-urusan yang berkaitan dengan Alam Perkayuan. Pengasas sedang berusaha untuk membuat kajian mengenai teras-teras kayu yang memiliki Fadilat semulajadi ditahap kajian melalui pendekatan Sains serta pengolahan kayu teras kepada bentuk yang lebih mantap.

Mesin ini telah diselenggarakan sendiri oleh Pengasas kerana mesin ini telah tidak digunakan sejak lebih dari 15 tahun. Paparan ini dibuat sewaktu Ujian “Test Run” yang dijalankan dengan menggunakan Teras Cendana untuk diolah menjadi Tongkat.

Peralatan yang berterabur sewaktu Proses Selenggara dan Baik Pulih mesin dijalankan.

Alhamdulillah, Mesin ini telah beroperasi dengan sempurna setelah beberapa pembaikan dijalankan dan ianya akan digunakan bagi pembuatan Cokmar Masjid, Tongkat, Tasbih serta berbagai lagi yang berkaitan. Mesin Pelarik Logam yang menjadi pilihan pengasas disebabkan teras-teras yang diolah adalah begitu keras sehingga hampir menyamai kekerasan logam

InsyaAllah, Pengasas akan membuat paparan yang terbaru dan ada juga barangan yang telah dihantar kepada sahabat-sahabat dan tidak sempat dibuat paparan mengenainya.
Paparan hasil pembuatan dari Mesin ini akan dipaparkan kepada para sahabat dimasa mendatang…InsyaAllah…Terima Kasih Para Sahabat yang telah berurusan dengan Pengasas. Apa jua yang telah dipaparkan didalam Blog Rahsia Alam adalah dari hasil sokongan para sahabat semua….Alhamdulillah…Terima Kasih Para Sahabat Blog Rahsia Alam….
Posted by waliqudus at 3/24/2012 04:24:00 AM

Kemuning….

 
Teras yang telah tertanam sekian lama dan masih tidak mereput…dianggarkan berusia melebihi 500 tahun….teras ini akan diolahkan menjadi Tasbih, InsyaAllah.

Posted by waliqudus at 3/24/2012 04:22:00 AM

2 Piece Walking Stick..Tongkat

 
Teras Buey dan teras cendana yang telah dilarik untuk dijadikan Tongkat yang ditempah…Teras yang dilarik menggunakan Mesin Metal Cutting Lathe.

Posted by waliqudus at 3/24/2012 04:20:00 AM

Akar Kemuning Emas…

 
Spesis Kemuning ada berbagai jenis, dari jenis hitam, emas, kuning, senja dan berbagai..tetapi kebanyakkannya merujuk kepada nilai-nilai perubatan dan ketahanan. Bahagian akarnya pula boleh diolahkan menjadi batang penapis untuk rokok dan Paip tembakau.

Posted by waliqudus at 3/24/2012 04:16:00 AM

HSS Steel….

 
Mata Pelarik….

Posted by waliqudus at 3/24/2012 04:15:00 AM

Monday, March 19, 2012


Buluh Perapat Bertemu Ruas

 

Buluh Perapat Bertemu Ruas…Dipercayai oleh segelintirnya sebagai Pelaris Umum.dan tidak kurang juga sebagai Perapat Madu…Wallahu…Dalam Serumpun Buluh, hanya Sebatang sahaja yang sedemikian rupa, letak ruasnya pula pada bahagian tengah…Tumbuhnya pula dibahagian tengah Rumpun…Meruntun-runtun pula kepada sesiapa yang mengetahui Fadilatnya bagi yang memiliki Buluh ini….
Posted by waliqudus at 3/19/2012 12:52:00 AM

Buluh Lesung Pipit…

 

Fadilat yang dipercayai sebagai medium Pemanis dan Penarik…Buluh yang semulajadinya berlesung Pipit…
Posted by waliqudus at 3/19/2012 12:50:00 AM

Tengkuk Biawak….Perhatian Sahabat

 
Pengasas hanya mendapat bahagian yang telah dikerat-kerat…ini adalah sejenis Spesis yang digunakan sebagai bahan rumusan perubatan Tradisional. Kayu Tengkuk biawak yang di tanya oleh beberapa sahabat bagi tujuan perubatan.

Posted by waliqudus at 3/19/2012 12:48:00 AM

Teras Unik..Teras Semulajadi.

 

Unik…Teras Bentuk Semulajadi..Tidak ramai yang meminati tetapi Bentuk Teras yang menyerupai sesuatu yang biasanya kita lihat di sekeliling kita. Yang meminatinya pula kekadang tu sanggup membelinya dengan nilai yang tinggi.
Posted by waliqudus at 3/19/2012 12:44:00 AM

Teras Pokok Buah Perah

 

Teras Buah Perah, dikatakan amat sedap…tetapi yang tak sedapnya apabila nak mendapatkan terasnya…Siang berganti Malam dan Malamnya berganti Siang memerah tenaga untuk memotongnya pula. Selain dari Teras Buah Perah, ada beberapa jenis lagi yang masih belum dikenali nama terasnya..maklumlah, bila dah masuk hutan, bukan pokok yang hidup ditebang…tetapi, mencari teras adalah dari jenis pokok-pokok yang telah tumbang secara semulajadi…barulah tidak mencemari Alam Semulajadi.

Posted by waliqudus at 3/19/2012 12:38:00 AM
Subscribe to: Posts (Atom)

PUSAT PERUBATAN CARA ISLAM AS-SYAKIRIN DI SEKSYEN 19, SHAH ALAM (EXPOSED MISTIK)

Pusat perubatan Islam As-Syakirin, Perubatan yang berlandaskan Al-Quran, Hadith dan Petua. Pusat Rawatan As_Syakirin juga pernah disiarkan didalam Siaran ASTRO dalam rancangan EXPOSED MISTIK Pada tahun 2009 sebanyak 13 Episod mengenai Penyakit Misteri, Mistik dan Kronik. InsyaAllah dan Alhamdulillah, Dengan Izin Dari ALLAH, Para Pesakit yang telah mendapatkan Khidmat Rawatan dari Pusat Rawatan Islam As-Syalkirin, mereka telah dapat menjalani kehidupan seperti sediakala..Perubatan Cara Islam AS-Syakirin juga meliputi :

Mengubati Penyakit Misteri Kronik Mistik/Pagar Diri/Pagar Rumah/Kerasukkan Makhluk Halus/Saka Keturunan/Urutan Traditional/Perubatan dari Herba Akar Kayu/keserasian Pasangan/Menguji Ketulinan Barangan Mistik dan Pelbagai Perkara yang bersangkutan dengannya/Para-Normal dan Abnormal Sila Hubungi:

Ustaz Syakir :019-566-1848
Ustaz Syamil :013-393-7685
Ustaz Shamly : 019-287-2454/013-266-2454

Silalah Berhubung untuk membuat Pertanyaan Kepada Individu yang tertera untuk Urusan Perubatan atau apa jua yang dihajatkan…InsyaAllah, Mudahan ALLAH Permudahkan Segala Urusan…

 
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 3, 2012 in Uncategorized

 
Video

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 31, 2012 in Uncategorized

 

7 hutan di bawah air terindah di dunia

1. Lake Kaindy, Kazakhstan

Danau ini terletak di kedalaman hutan dengan ketinggian 2000m di atas permukaan laut. Terbentuk dari longsoran batu kapur dan pengendapan tanah. Danau ini membentuk bendungan alami dan sebuah ngarai yang indah.
 
Danau ini memiliki panjang panjang 400m dengan kedalaman 30m. Pemandangan yang sangat indah dihadirkan disini. Sisa-sisa pohon yang tidak terendam, menjulang bagaikan paku-paku kreasi dari alam. Sedangkan bagian yang terendam air, nampak menyimpan misteri seperti hutan yang berumur ratusan tahun.
 

2. Danau Bezid, Romania

Terletak di wilayah Transylvania Rumania, keunikannya adalah tidak hanya pemandangan indah namun juga sisi mistis yang dihadirkan di sini. Terbentuk setelah seluruh desa Bezid kebanjiran, meninggalkan rumah-rumah di dasar danau dan hanya gereja lokal menara dan pohon-pohon masih terlihat menjulang di atas danau. 
 
Dahan-dahan dan ranting pohon yang tua terlihat menjulang ke atas permukaan air seperti tangan-tangan yang membawa pesan mistis. Waduk ini juga menyembunyikan sesuatu di bawah airnya, yaitu puing-puing desa yang tenggelam sehingga semakin menambah suasana indah dan juga misteri yang dihadirkan disana.

3. Danau Periyar, India

Danau Periyar sebenarnya waduk buatan, untuk sebuah daerah banjir yang diciptakan pada tahun 1895 oleh pembangunan Bendungan Mullaperiyar. Tunggul pohon itu adalah sisa-sisa hutan yang dulu.
Di sekitar danau kontur bukit-bukit yang berhutan menyediakan sumber air permanen untuk satwa liar lokal, dan ini dikatakan sebagai salah satu dari sedikit tempat di mana bendungan telah baik untuk di jadikan ekosistem.

4. Waduk Udawalawe, Sri Lanka

Waduk ini menyajikan pemandangan sisa-sisa ribuan pohon hutan yang mati akibat terendam air yang mengisi bendungan buatan ini. Banyak sekali binatang-binatang yang kehilangan habitatnya disini, Namun belakangan, waduk ini mulai kembali didatangi oleh berbagai kelompok dan jenis-jenis hewan yang ada di sekitar lingkungan waduk ini. 
 
Sering terlihat sekumpulan gajah-gajah yang sengaja mampir kesini, selain untuk minum ada juga yang bermain-main dengan mandi di sini. Tak ketinggalan pula mulai banyak jenis-jenis ikan baru yang kedapatan meghuni waduk ini.

5. Danau Volta, Ghana

Danau dibentuk oleh hidroelektrik Akosomba Dam, yang menyediakan pasokan listrik untuk banyak negara. Selesai dibangun pada tahun 1965, proyek ini memaksa sekitar 78.000 orang untuk melakukan relokasi permukiman baru, bersama dengan 200.000 hewan peliharaan mereka, sementara sekitar 120 bangunan dan tempat tinggal yang tak terhitung jumlahnya juga dihancurkan.
 
Danau Volta merupakan potensi sumber daya yang menjanjikan, pemerintah Ghana berusaha untuk memanen 14 juta meter kubik kayu yang terendam, meskipun tidak tanpa kontroversi. Kayu keras tropis yang mungkin berharga, diawetkan oleh minimnya oksigen di dalam air. Tetapi beberapa mengatakan penebangan di dalam air bisa menjadi ancaman bagi nelayan dan mengganggu keseimbangan ekologi danau.
 

6. Danau Caddo,Texas

Danau Misterius ini tampak seperti Rawa-rawa dalam film horror. danau ini tidak sepenuhnya tenggelam sehingga tumbuhan di sini tidak begitu mati dan tidak begitu hidup. Namun di balik keseraman tersebut terdapat Keindahan yang luar biasa.
 
Asli tumbuhan runjung tenggara Amerika Serikat, pohon-pohon Cypress berkembang dalam habitat lembab, dan beberapa individu dapat hidup selama lebih dari 1.000 tahun.
 
Baldcypresses, yang berkembang dalam habitat berawa, memiliki pertumbuhan yang khas yang disebut cemara lutut, woody proyeksi di atas air yang merupakan bagian dari sistem akar dan memberikan dukungan struktural dan stabilisasi – di situs rawan banjir seperti ini.

7. Kampong Pluk, Kamboja

Di Kamboja dapat ditemukan hutan lain yang mengambang, terdiri dari pohon-pohon yang tumbuh keluar dari sebuah danau, akar kust mereka yang tersembunyi di bawah air.
 
Pohon yang tumbuh di Kampung Pluk adalah bakau dan habitat hutan lainnya. Mereka adalah rumah bagi berbagai satwa liar, termasuk monyet pemakan kepiting, serta manusia yang panen udang dan tinggal di rumah pohon / rumah apung.
 
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 31, 2012 in Uncategorized

 

TANAMAN OBAT KELUARGA

TANAMAN OBAT KELUARGA.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 31, 2012 in Uncategorized

 

TANAMAN OBAT KELUARGA

Tanaman obat keluarga (disingkat TOGA) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Budidaya tanaman obat untuk keluarga (TOGA) dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.

Daftar isi

 [

Sejarah

Tanaman obat dari Cina.

 Mesir kuno

Pada zaman Mesir kuno (Tahun 2500 Sebelum Masehi), para budak diberi ransum bawang untuk membantu menghilangkan banyak penyakit demam dan infeksi yang umum terjadi pada masa itu. Sejak itulah catatan pertama tentang penulisan tanaman obat dan berbagai khasiatnya telah dikumpulkan oleh orang-orang mesir kuno.Sejumlah besar resep penggunaan produk tanaman untuk pengobatan berbagai penyakit, gejala-gejala penyakit dan diagnosanya tercantum dalam (Papyrus Ehers). Pada saat itu, para pendeta Mesir kuno telah melakukan dan mempraktekkan pengobatan herbal.

 Yunani kuno

Bangsa Yunani kuno juga banyak menyimpan catatan mengenai penggunaan tanaman obat yaitu Hyppocrates (Tahun 466 Sebelum Masehi), Theophrastus (Tahun 372 Sebelum Masehi) dan Pedanios Dioscorides (Tahun 100 Sebelum Masehi) membuat himpunan keterangan terinci mengenai ribuan tanaman obat dalam De Materia Medica. Orang-orang Yunani kuno juga telah melakukan pengobatan herbal. Mereka menemukan berbagai tanaman obat baru, seperti rosemary dan lavender pada saat mengadakan perjalanan ke berbagai daratan lain.

 Cina

Tanaman obat di Cina berlangsung sekitar 3.000 tahun yang lalu, ketika muncul penyembuhan kerapuhan tulang oleh dukun Wu. Pada waktu itu, penyakit ini diyakini disebabkan oleh kekuatan jahat, sehingga menurut dukun Wu diperlukan obat dari tanaman untuk mengusir kekuatan jahat itu.Bahkan, bahan penyembuhan tertua dalam sejarah telah ditemukan di China, di mana makam seorang bangsawan Han ditemukan untuk menyimpan data medis yang ditulis pada gulungan sutra.Gulungan sutra berisi daftar 247 tumbuh-tumbuhan dan bahan-bahan yang digunakan dalam menyembuhkan penyakit.

 Inggris

Di Inggris, penggunaan tanaman obat dikembangkan bersamaan dengan didirikannya biara-biara di seluruh negeri.Setiap biara memiliki tamanan obat masing-masing yang digunakan untuk merawat para pendeta maupun para penduduk setempat. Pada beberapa daerah, khususnya Wales dan Skotlandia, orang-orang Druid dan para penyembuh Celtik menggunakan obat-obatan dalam perayaan agama dan ritual mereka. Pengetahuan tanaman obat semakin berkembang dengan terciptanya mesin cetak pada abad ke 15, sehingga penulisan mengenai Tanaman-Tanaman Obat dapat dilakukan.

Sekitar tahun 1630, John Parkinson dari London menulis mengenai tanaman obat dari berbagai tanaman.Nicholas Culpepper ( 1616-1654 ) dengan karyanya yang paling terkenal yaitu The Complete Herbal and English Physician, Enlarged, diterbitkan pada tahun 1649.Pada tahun 1812, Henry Potter telah memulai bisnisnya menyediakan berbagai tanaman obat dan berdagang lintah. Sejak saat itu banyak sekali pengetahuan tradisional dan cerita rakyat tentang tanaman obat dapat ditemukan mulai dari Inggris, Eropa, Timur Tengah, Asia, dan Amerika, sehingga Potter terdorong untuk menulis kembali bukunya Potter’s Encyclopaedia of Botanical Drug and Preparatians, yang sampai saat inipun masih diterbitkan.Tahun 1864, National Association of Medical Herbalists didirikan dengan tujuan mengorganisir pelatihan para praktisi pengobatan secara tradisional, serta mempertahankan standar-standar praktek pengobatan.

 Indonesia

Di Indonesia, pemanfaatan tanaman sebagai obat-obatan juga telah berlangsung ribuan tahun yang lalu.[3] Pada pertengahan abad ke XVII seorang botanikus bernama Jacobus Rontius (1592 – 1631) mengumumkan khasiat tumbuh-tumbuhan dalam bukunya De Indiae Untriusquere Naturali et Medica. Meskipun hanya 60 jenis tumbuh-tumbuhan yang diteliti, tetapi buku ini merupakan dasar dari penelitian tumbuh-tumbuhan obat oleh N.A. van Rheede tot Draakestein (1637 – 1691) dalam bukunya Hortus Indicus Malabaricus.Pada tahun 1888 didirikan Chemis Pharmacologisch Laboratorium sebagai bagian dari Kebun Raya Bogor dengan tujuan menyelidiki bahan-bahan atau zat-zat yang terdapat dalam tumbuh-tumbuhan yang dapat digunakan untuk obat-obatan. Selanjutnya penelitian dan publikasi mengenai khasiat tanaman obat-obatan semakin berkembang

 Pemanfaatan Tanaman Obat (TOGA)

Pada bagian tanaman seperti yang tercantum di bawah ini dapat dimanfaatkan sebagai obat. Bagian tanaman terdiri dari bagian daun, kulit batang, buah, biji, bahkan pada bagian akarnya. 

Daun

No. Nama Tanaman Khasiat dan Manfaat
1. Daun dewa (Gynura Segetum) Mengobati muntah darah dan payudara bengkak
2. Seledri Mengobati tekanan darah tinggi
3. Belimbing Mengobati tekanan darah tinggi
4. Kelor Mengobati panas dalam dan demam
5. Daun bayam duri Mengobati kurang darah
6. Kangkung Mengobati insomnia
7. Saga (Abrus precatorius) Mengobati batuk dan sariawan
8. Pacar cina (Aglaiae ordorota Lour) Mengobati penyakit gonorrhoe (penyakit kelamin)
9. Landep (Barleriae prionitis L.) Mengobati rematik
10. Miana (Coleus atropurpureus Bentham) Mengobati wasir
11. Pepaya (Carica papaya L.) Mengobati demam dan disentri
12. Jintan (Trachyspermum roxburghianum syn. Carum roxburghianum) Mengobati batuk, mules, dan sariawan
13. Pegagan (Cantella asiatica Urban) Mengobati sariawan dan bersifat astringensia (mampu membasmi bakteri)
14. Blustru (Luffa cylindrice Roem) Bersifat diuretik (peluruh air seni)
15. Kemuning (Murrayae paniculata Jack) Mengobati penyakit gonorrhoe
16. Murbei (Morus indica Rumph) Bersifat diuretik
17. Kumis kucing (Orthosiphon stamineus Benth) Bersifat diuretik
18. Sirih (Chavica betle L.) Mengobati batuk, antiseptika (membunuh mikroorganisme berbahaya), dan obat kumur
19. Randu (Ceiba pentandra Gaerth) Sebagai obat mencret dan kumur
20. Salam (Eugenia polyantha Wight) Bersifat astringensia
21. Jambu biji (Psidium guajava L.) Mengobati mencret

 Batang

No. Nama Tanaman Khasiat dan Manfaat
1. Kayu manis (Cinnamomum burmanii) Mengobati penyakit batuk dan sesak napas, nyeri lambung, perut kembung, diare, rematik, dan menghangatkan lambung
2. Dadap ayam (Erythrina varigata Linn.Var.orientalis) Mengobati asma
3. Pulasari (Alyxia stellata Roem) Obat perut kembung
4. Brotawali (Tonospora rumphii Boerl) Mengobati demam, sakit kuning, obat cacingan, kudis, dan diabetes
5. Kemukus (Piper cubeba L.) Obat radang selaput lendir saluran kemih
6. Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) Sebagai antiseptik, sehingga dapat dipakai sebagai obat kumur
7. Delima (Punice granatum L.) Sebagai anti cacing pita (obat antelmentika)

Buah

No. Nama Tanaman Khasiat dan Manfaat
1. Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) Mengobati penyakit demam, batuk kronis, kurang darah, menghentikan kebiasaan merokok, menghilangkan bau badan, menyegarkan tubuh, dan memperlancar buang air kecil
2. Cabai merah (Capsicum annuum L.) Obat gosok untuk penyakit rematik dan masuk angin
3. Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) Mengobati penyakit batuk, melegakan napas, dan mencairkan dahak
4. Mengkudu (Morinda citrifolia) Mengobati penyakit radang usus, susah buang air kecil, batuk, amandel, difetri, lever, sariawan, tekanan darah tinggi, dan sembelit
5. Kemukus (Piper cubeba L.) Obat radang selaput lendir saluran kemih
6. Kapulaga (Elettaria cardamomum Maton) dan ketumbar (Coriandrum sativum L.) Obat antikembung

 Biji

No. Nama Tanaman Khasiat dan Manfaat
1. Kecubung (Datura metel) Mengobati penyakit asma, bisul, dan anus turun
2. Kapur barus (Dryobalanops aromatica Gaertn.) Mengobati gangguan pencernaan
3. Pinang (Areca catecha L.) Tepung biji pinang berkhasiat sebagai obat antelmentika, terutama terhadap cacing pita
4. Kedawung (Parkia biglobosa Bentham) Sebagai bahan obat sakit perut, mulas, diare, dan bersifat astringensia
5. Pala (Myristica) Mengatasi perut kembung, sebagai stimulansia setempat terhadap saluran pencernaan, bahan obat pembius, menyebabkan rasa kantuk, dan memperlambat pernapasan
6. Jamblang (Eugenia cumini Merr) Sebagai bahan obat untuk menyembuhkan penyakit kencing manis (diabetes)

 Akar

No. Nama Tanaman Khasiat dan Manfaat
1. Pepaya (Carica papaya L.) Obat cacing
2. Aren (Arenga pinnata Merril) Obat diuretik
3. Pule pandak (Rauwolfia serpentina Benth) Obat antihipertensi dan gangguan neuropsikhiatrik, seperti tekanan darah tinggi

Umbi atau rimpang

No. Nama Tanaman Khasiat dan Manfaat
1. Bangle (Zingiber purpureum Roxb.) Mengobati sakit kepala, susah buang air besar, nyeri pada perut, sakit kuning, perut kembung, dan melangsingkan tubuh
2. Jahe (Zingiber officinale Rosc.) Menghangatkan badan, mengobati sakit pinggang, asma, muntah, dan nyeri otot
3. Kencur (Kaempferia galanga L.) Mengobati sakit kepala, obat batuk, melancarkan keringat, dan mengeluarkan dahak
4. Kunyit (Curcuma domestica Val.) Mengobati diare, masuk angin, hepatitis, dan kejang-kejang
5. Lempuyang (Zingiber zerumbet) Obat pelangsing, penambah nafsu makan, disentri, dan diare
6. Lengkuas (Languas galanga L.Stunzt) Mengobati panu, serta bersifat antifungi dan anti bakteri
7. Temu giring (Curcuma heynaena Val.) Obat anti cacing, sakit perut, dan melangsingkan tubuh
8. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) Mengatasi sembelit, memperbanyak ASI, dan memperkuat sekresi empedu
9. Temu hitam (Curcuma aeroginosa Roxb.) obat anti cacing, mencegah kelesuan, dan memperlancar peredaran darah
10. Alang-alang (Imperata cylindrica Beav.) Obat untuk memperlancar air seni (diuretik

Gambar Berbagai Jenis Tanaman Obat Tradisional

  • Daun sirih

  • Kayu manis

  • Buah mengkudu

  • Biji pinang

  • Akar pohon aren

  • Temulawak

  • Daun pepaya

  • Pohon delima

[sunting] Faktor peningkatan penggunaan tanaman obat

Kecenderungan meningkatnya penggunaan obat tradisional didasari oleh beberapa faktor, yaitu:[6]

  1. Pada umumnya, harga obat–obatan buatan pabrik yang sangat mahal, sehingga masyarakat mencari alternatif pengobatan yang lebih murah.
  2. Efek samping yang ditimbulkan oleh obat tradisional sangat kecil dibandingkan dengan obat buatan pabrik.[6]
  3. Kandungan unsur kimia yang terkandung di dalam obat tradisional sebenarnya menjadi dasar pengobatan kedokteran modern. Artinya, pembuatan obat–obatan pabrik menggunakan rumus kimia yang telah disentetis dari kandungan bahan alami ramuan tradisional.

 Perawatan tanaman obat

Tanaman yang dipelihara di pekarangan rumah tidak memerlukan perawatan khusus, baik sebagai bumbu dapur atau bahan obat. Perlakuan khusus dalam budi daya tanaman obat dilakukan dalam skala usaha, dengan tujuan untuk memperoleh kualitas dan kuantitas hasil yang optimum. Kegiatan pemupukan dan pengandalian hama penyakit tanaman perlu dilakukan. Kegiatan ini sangat erat hubungannya dengan penggunaan bahan kimiawi yang terkandung dalam pupuk atau pestisida. Pemakaian bahan kimiawi dapat mencemari lingkungan, baik tanah maupun air, dan yang paling berbahaya residu yang dihasilkan akan terakumulasi dalam produk tanaman yang dihasilkan. Untuk itu, perlu diperkenalkan sistem budi daya yang tidak tergantung pada bahan-bahan kimia. Sistem ini dikenal dengan istilah pertanian organik. Dalam budi daya tanaman obat dapat dimanfaatkan pupuk organik untuk menambah unsur hara mineral yang dibutuhkan tanaman. Pupuk organik yang digunakan di antaranya adalah pupuk kandang, bokhasi, kompos, humus, sampah dapur, dan serasah daun. Selain itu, sebagai bahan pengendali hama penyakit tanaman, dapat dimanfaatkan pestisida alami yang terdapat di sekitar rumah, seperti tanaman babadotan (Ageratum conyzoides), sirsak, lantana, dan daun tembakau.[

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 31, 2012 in Uncategorized

 

ayam aja bisa, kenapa kita ga bisa..??

Image

Seekor ayam diyakini bisa memakan 150kg sampah organik setahun.

 

 

 

 

 

Masalah penanggulangan sampah selalu menjadi problem di berbagai belahan dunia.

Berbagai upaya dan teknologi sudah digunakan, namun masalah sampah tak kunjung terpecahkan.

Nah, mungkin solusi yang digunakan sebuah desa di Prancis ini dalam memerangi sampah bisa diadaptasi.

Para pejabat kota kecil Pince, di wilayah utara Prancis berencana memberikan dua ekor ayam untuk tiap rumah tangga di desa itu.

Ayam-ayam ini nantinya akan digunakan untuk mengurangi jumlah sampah, terutama sampah organik.

Menurut para petinggi desa, seekor ayam mampu mengkonsumsi sekitar 150kg sampah organik setahun.

Membantu warga

Dengan memberikan dua ekor ayam, petinggi desa berharap ayam itu tak hanya bisa mengurangi sampah namun juga bisa menghasilkan telur untuk keperluan warga.

Dan warga yang tertarik dengan program ini bisa mendapatkan kedua ayam itu pada September mendatang.

“Awalnya ide ini hanya gurauan belaka. Namun kemudian kami menyadari bahwa ini adalah ide yang bagus,” kata Walikota Pince Lydie Pasteau kepada TV 3 Prancis.

“Program ini juga akan memperkuat hubungan dalam komunitas. Seperti halnya warga menjaga kucing atau anjing tetangganya saat mereka pergi, maka merekapun akan menjaga ayam mereka,” kata ibu walikota.

Sejauh ini, pemerintah Pince mengatakan sekitar 20 keluarga menyatakan tertarik dengan program unik ini.

“Saya harap ayam-ayam ini akan menjadi investasi yang bagus karena ongkos pengelolaan sampah kian hari kian mahal,” ujar Pasteau.

 
10 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 30, 2012 in Uncategorized

 
Sampingan

Image

Seekor ayam diyakini bisa memakan 150kg sampah organik setahun.

 

 

 

 

 

Masalah penanggulangan sampah selalu menjadi problem di berbagai belahan dunia.

Berbagai upaya dan teknologi sudah digunakan, namun masalah sampah tak kunjung terpecahkan.

Nah, mungkin solusi yang digunakan sebuah desa di Prancis ini dalam memerangi sampah bisa diadaptasi.

Para pejabat kota kecil Pince, di wilayah utara Prancis berencana memberikan dua ekor ayam untuk tiap rumah tangga di desa itu.

Ayam-ayam ini nantinya akan digunakan untuk mengurangi jumlah sampah, terutama sampah organik.

Menurut para petinggi desa, seekor ayam mampu mengkonsumsi sekitar 150kg sampah organik setahun.

Membantu warga

Dengan memberikan dua ekor ayam, petinggi desa berharap ayam itu tak hanya bisa mengurangi sampah namun juga bisa menghasilkan telur untuk keperluan warga.

Dan warga yang tertarik dengan program ini bisa mendapatkan kedua ayam itu pada September mendatang.

“Awalnya ide ini hanya gurauan belaka. Namun kemudian kami menyadari bahwa ini adalah ide yang bagus,” kata Walikota Pince Lydie Pasteau kepada TV 3 Prancis.

“Program ini juga akan memperkuat hubungan dalam komunitas. Seperti halnya warga menjaga kucing atau anjing tetangganya saat mereka pergi, maka merekapun akan menjaga ayam mereka,” kata ibu walikota.

Sejauh ini, pemerintah Pince mengatakan sekitar 20 keluarga menyatakan tertarik dengan program unik ini.

“Saya harap ayam-ayam ini akan menjadi investasi yang bagus karena ongkos pengelolaan sampah kian hari kian mahal,” ujar Pasteau.

Seekor ayam diy…

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 30, 2012 in Uncategorized